Skip to content
Oktober 22, 2011 / mesinkertas

Mesin Cetak Kertas Karton

Mesin cetak kertas karton merupakan mesin yang dapat mengerjakan proses daur ulang kertas dari bahan kertas avalan, limbah kertas serta bahan alternatif seperti enceng gondok, pelepah pisang, bambu, jerami padi, ampas tebu. Pemilihan bahan baku pembuatan kertas karton dimaksudkan untuk mendapatkan bahan serat pembuat pulp/bubur kertas yang akan dicetak menjadi kertas karton lembaran.

Membuat Bubur Kertas/ Pulp

Tahap dan bagian mesin untuk memproduksi atau daur ulang kertas bekas maupun limbah kertas merupakan hasil modifikasi dari cara kerja membuat kertas metode manual dan sistem kerja yang biasa dilakukan oleh pabrik kertas skala besar. Bagian dan tahap pengerjaan cetak kertas/daur ulang kertas dimulai dari penyiapan membuat bubur kertas/pulp. Setelah pemilahan bahan baku pembuat pulp disiapkan, proses selanjutnya yaitu pembuatan pulp siap cetak. Proses pembuatan pulp dilaekukan oleh mesin holander/bietter. Mesin ini mencacah dan memisahkan serat dan lumpur siap cetak untuk selanjutnya dilakukan penambahan bahan perekat dan pengikat serat atau custom warna.

Mencetak Kertas Karton

Setelah bubur kertas siap, proses selanjutnya yaitu mencetak kertas. Proses cetak kertas dikerjakan di mesin cetak . Mesin cetak ini dapat dikatakan sebagai bentuk mesin fourdrinier sederhana. Metode press dan pentirisan air mengadopsi sistem kerja mesin kertas modern/fourdrinier. Pola kerja mesin ini dengan membawa bubur kertas melaluifelt/wire screen selanjutnya dipress dengan roll untuk memisahkan air dan bubur bahan pembuat kertas karton.

Proses Pengeringan Lembaran Karton

Karton dalam bentuk lembaran hasil cetak di mesin cetak, selanjutnya dikeringkan/ dijemur di lahan pengeringan dengan bantuan panas sinar matahari. Kareka membutuhkan lahan yang luas, saat ini beberapa pelaku usaha melakukan alternatif pengeringan dengan sistem kabinet. Dengan memanfaat uap panas yang terkontrol, mungkin bisa menjadi solusi keterbatasan lahan pengeringan.

Proses perataan Karton

Proses selanjutnya setelah penjemuran/ pengeringan lembaran kertas yaitu meratakan permukaan kertas. Proses ini dikerjakan di mesin yang biasa disebut mesin kalender/Callendar. Mesin kalender melakukan pressing pada permukaan karton sehinggga menjadi rata. Setelah dirasa cukup padat dan lurus/rata selanjutnya proses finishing di mesin pemotong kertas.

Memotong Karton

Memotong kertas hasil olahan biasanya disesuaikan dengan ukura yang diinginkan. Pemesan atau pelaku kerajinan berbahan baku kertas daur ulang ada yang memesandengan spesifikasi tertentu. Disamping ukuran kertas, proses pemotongan juga dimaksudkan untuk merapikan sisi pinggir dari lembaran kertas.

Jika dibandingkan dengan sistem kerja mesin kertas modern/ fourdrinier, metode dan cara kerja dengan metode manual (screen sablon/blender/seterika) juga secara tidak langsung sama dengan proses di mesin cetak kertas karton

 

Call : 082325624444 atau 082325834444
Sumber :www.mesinkertas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: