Skip to content
Oktober 14, 2011 / mesinkertas

Mesin Produksi Daur Ulang Kertas

Mesin produksi  daur ulang kertas akan sangat membantu pengrajin maupun pegiat usaha skala UKM. Disamping produk mentah hasil olahan kertas berbentuk lembaran kertas karton, beberapa produk turunan dapat dihasilkan dengan bahan baku kertas hasil olahan dengan mesin daur ulang kertas . Bagian – bagian dari mesin pengolah limbah kertas ini terdiri dari beberapa tahap bagian yaitu proses persiapan bahan, proses pencetakan, proses perataan, proses pengeringan dan proses pemotongan. Semua tahapan diatas diperlukan untuk hasil mendapatkan hasil yang maksimal dalam produksi daur ulang kertas.

Mesin daur ulang kertas merupakan modifikasi dari mesin industri kertas. Dengan design sederhana, akan sangat menghemat biaya modal investasi usaha skala kecil atau UKM. Mesin daur ulang kertas menggabungkan sistem pembuatan manual (screen sablon/blender) dan sistem roll yang biasanya digunakan oleh industri perusahaan besar. dari dua sistem tersebut diakomodasi dan didesaign secara sederhana untuk mesin daur ulang kertas.

Bahan – bahan untuk pembuatan kertas karton / daur ulang kertas dapat memanfaatkan limbah pabrik kertas (sludge/slat) dan kertas bekas. Selain itu dapat juga menggunakan bahan alternatif organik seperti batang bambu, pelepah pisang, enceng gondok, jerami, rumput ilalang.Pemilihan bahan baku dibutuhkan untuk mendapatkan jenis serat yang kuat dan panjang akan sangat membantu dalam penyiapan bahan pembuatan kertas.

Proses pengolahan bahan baku pembuatan kertas (pulp) menyesuikan jenisnya. Jika bahan yang digunakan sludge maka langsung bisa digunakan sebagai pulp untuk langsung dicetak atau dapat juga ditambahkan kertas afalan (kertas bekas) sebagai pengikat seratnya. Ada juga yang menambahkan lem kanji sebagai perekat. Sedangkan proses penyiapan bubur bahan baku kertas dari bahan organik, bahan mesti dipisahkan dari getah dan digemburkan dengan menggunakan NaOH atau soda api. Setelah gembur cairan NaOH dibersihkan dengan menyiram dengan air secara kontinyu.

Cara membuat kertas dengan cara manual yang menggunakan blender sebagai pelembut/penghancur bahan buburan kertas dapat ditingkatkan kuantitas produksinya dengan mesin/alat bietter atau holander. Mesin bietter/holander merupakan bagian penghancur yang dapat memisahkan serat yang dipakai sebagai bubur kertas yang siap cetak.

Gambaran umum bagian mesin daur ulang kertas dapat dilihat di

 

  1. ACHMAD FATHONI / Jan 7 2012 5:35 pm

    MOHON UNTUK SAYA DIKIRIM GAMBAR, SPESIFIKASI & HARGA MESIN PENCETAK KERTAS KE EMAL SAYA ONYCEPU@YAHOO.CO.ID

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: